CERITA ALUMNI

Said Faisal - Kutemukan Cinta di Sail PASIGALA


Assalamualaikum Wr. Wb
Shalom.
Om swastiastu.
Namo Buddhaya.
Salam Kebajikan.

                Perkenalkan nama saya Said Faisal,saya kelahiran Teluk Lanjut, 20 Januari 1998 tepatnya di Kabupaten Lingga. Saya merupakan peserta Kapal Pemuda Nusantara 2018 perwakilan Provinsi Kepulauan Riau. Melalui program Kapal Pemuda Nusantara 2018 ini saya banyak sekali mendapatkan apa yang belum pernah saya dapatkan di tempat lain, salah satunya adalah pengalaman yang sangat berharga mulai dari melihat keragaman budaya indonesia yang masih minim saya ketahui, melihat corak kehidupan masing masing masyarakat yang saya kunjungi dan bagaimana kami mencoba untuk mengabdikan diri kami sebagai agen of change. Kapal Pemuda Nusantara 2018 sendiri merupakan program unggulan Kementrian Pemuda dan Olahraga di bidang kepemudaan dengan mengelilingi beberapa daerah di  Indonesia selama 16 Hari. 

==============================  Read More ===============================

Andreas Giovano - Bakti Kami Untuk Ibu Pertiwi


Assalamualaikum wr. wb

Hallo semuanya, apa kabar ?
Perkenalkan nama saya Andreas Giovano, teman teman bisa panggil saya dengan nama gio, tetapi pada saat di program aku selalu digelari dengan nama “jinggo” karena pada saat di program aku sangat bersemangat buat mimpin yel yel bersama teman teman nusantara yaitu “jinggo kpn”, jadi dari situ lah singkat cerita mengenai gelar tersebut.

==============================  Read More ===============================

Ellris Marsel - Sembilan Hari Di Negara “Velocious”


Annyeong Haseyo!

Pertukaran Pemuda Indonesia-Korea juga disingkat PPIKor atau Indonesia – Korea Youth Exchange Program (IKYEP) kembali digelar. Saya Ellris Marsel Andi Haris terpilih sebagai delegasi Provinsi Kepulauan Riau untuk program tersebut setelah melalui serangkaian seleksi dan training Bukan suatu hal yang dapat saya bayangkan sebelumnya menjadi seorang delegasi untuk Provinsi dan Negara tercinta. Program IKYEP kembali digelar untuk mempererat hubungan antara Negara Indonesia dengan Korea Selatan, melalui perwakilan pemuda. 

==============================  Read More ==============================

Feggy Alfa Syahfitri - Dari SAMOTA Menjadi PASIGALA


       Hallo semuanya, apa kabar?? Semoga semuanya sehat selalu dan dalam keadaan bersyukur ya. Kalian yang sedang membaca dan klik link ini aku yakin bahwa kalian adalah pemuda yang haus akan kebaikan dan pemuda pilihan pastinya. Sebelum lebih jauh, kita kenalan dulu yuk. Diatas udah ada sih, tapi itu nama lengkap ku, teman tman bisa memanggil aku feggy, atau yang hits nya selama program berlangsung aku dipanggil pegi pegi yuk dan alfamart walaupun aku ga pernah menanam modal di kedua perusahaan ini. hehehe. Seharusnya mereka bayar royalti karna memakai namaku, udah ah skip gak begitu menarik seperti membahas kamu dan dia. Ditahun 2018 ini Alhamdulillah aku diberi kesempatan mengikuti program Kapal Pemuda Nusantara oleh Allah tuhan yang maha esa melalui seleksi PCMI yang berlangsung di kota Batam saat itu tepatnya di gedung kanpora kota Batam. Tak pernah dilupakan di setiap tahunnya pasti akan ada beberapa point yang harus kita siapkan saat seleksi.
==============================  Read More ===============================

Devira Asri Berliani - ZONEMANTUL In Love💙

Depoy, ya itulah nama yang selalu disebut ketika orang – orang memanggilku. Seorang anak tunggal yang diberi nama lengkap Devira Asri Berliani ini lahir di Batam 21 November 1997. Kala itu, aku masih berstatus mahasiswa tingkat akhir , dan sedang "SKRIPSI" heheee. Tetapi itu tidak mengahalangi saya untuk mengikuti proses seleksi Kirab Pemuda 2018 hingga aku terpilih menjadi salah satu delegasi untuk Kirab Pemuda 2018. Kenapa kok salah satu? Iya soalnya kali ini aku ga sendiri. Ada Aziz Efendi Lubis yang akan menemani perjalananku selama 73 hari.

==============================  Read More ===============================

Aziz Efendi Lubis - 73 Hari Terbaik



Assalamualaikum Warahmatullah Wabarakatuh
Shalom
Om swastiastu
Namo Buddhaya
Salam Kebajikan

     Perkenalkan nama saya Aziz Efendi Lubis, peserta Kirab Pemuda 2018 perwakilan Provinsi Kepulauan Riau. Melalui program Kirab Pemuda 2018 Tuhan memberikan pengalaman berharga yang saya beri judul ’73 hari terbaik’ selama 21 tahun saya hidup. Kirab Pemuda 2018 sendiri merupakan program unggulan Kementrian Pemuda dan Olahraga di bidang kepemudaan dengan mengelilingi Indonesia selama 73 hari.

==============================  Read More ===============================

Ravi Janerine Yudyahartin - KETIKA MIMPIKU DIBAYAR TUNAI OLEH TAJ MAHAL 






Aku masih sangat ingat bagaimana riuhnya suasana ruangan pada hari itu, hiruk-pikuk, hilir mudik para peserta memenuhi sebagian area di lantai 2 Hotel CK Tanjung Pinang yang menjadi lokasi seleksi. Suasana canggung yang umum dirasakan para peserta yang sebagian besar saling tak mengenal, menjadi awal dari persaudaraan erat kami hingga saat ini. Dimulai dari seleksi pertukaran pemuda ini, mengantarkanku untuk menapakkan kaki di salah satu Negara terbesar di dunia. Jujur, ada rasa antara percaya tak percaya terpilih menjadi delegasi Kepulauan Riau untuk Indonesia dari banyaknya pemuda hebat Kepri lainnya,


Hingga, pertemuan pertama kami pada tanggal 24 April 2018 di Kedutaan Besar India membuat aku benar-benar percaya ini bukan mimpi. Hari dimana kami aku bertemu dengan 24 pemuda hebat Indonesia lainnya yang akan menjadi Indonesia Representative (Wow! Something that I never imagined before). pada program Asean-India Students Exchange Program atau yang lebih dikenal dengan AISEP. Dan pada keesokan harinya kami menjalani Pre Departure Training yang dilaksanakan hingga H-1 keberangkatan. Hal yang mungkin tidak semua peserta dari negara Asean lain dapatkan.



And the story begins..
==============================  Read More ===============================


Rio Arianda - Keberanian Membawa Berkah



Cerita ini dimulai dengan berakhirnya masa perkuliahan saya dan pertama kali saya mendaftar untuk mengikuti program Kapal Pemuda Nusantara yang diselenggarakan oleh Purna Caraka Muda Indonesia Kepulauan Riau (PCMI KEPRI). Dimulai dari mencari tahu informasi roadshow PCMI Kepri hingga mengikuti briefing dan penyeleksian yang di adakan oleh PCMI Kepri. Mungkin disini teman teman bertanya bagaimana saya bisa mengikuti roadshow PCMI Kepri yang pada masa itu di adakan di kampus-kampus yang berada di Kepulauan Riau sedangkan saya sendiri bukan merupakan mahasiswa pada kampus-kampus tersebut. Namun dengan tekad dan semangat saya mengikuti rangkaian roadshow yang di adakan di salah satu kampus yang ada di Kota Tanjung Pinang. Malu..?? Tentunya perasaan ini pasti terbayang di benak teman-teman. Namun bukannya malu yang saya dapatkan, melainkan teman teman baru kampus yang menyambut baik salah satu peserta roadshow dari luar.

==============================  Read More ===============================

Rina Mustifany - Negeri Kanguru menjadi Titik Hijrahku



Hi there! Perkenalkan saya Rina Mustifany, delegasi Kepulauan Riau untuk Pertukaran Pemuda Indonesia – Australia 2017 atau lebih dikenal dengan Australia Youth Exchange Program (AIYEP) 2017. Setelah melewati begitu banyak tahap mulai dari seleksi provinsi, training provinsi diikuti dengan training pusat dan akhirnya dilantik menjadi peserta utama dalam program yang sangat mengubah hidup saya secara keseluruhan. Kebanyakan orang akan berfikiran bahwa program seperti ini akan merubah hidup para peserta dari segi akademik tetapi untuk saya pribadi saya merasa life changing dari segi religius. Nah dikesempatan kali ini saya akan mengupas mengenai pengalaman saya selama program dan juga apa yang saya rasakan secara pribadi.

==============================  Read More ===============================

Mario Febriyansyah Jerry Pratama - Satu Langkah Menuju Masa Depan



Saya tinggal di sebuah daerah di Kabupaten Bintan yang bisa dikatakan terisolir, jauh dari keramaian dan hiruk pikuk perkotaan membuat informasi agak lambat saya peroleh. Jangan kan bermimpi ikut program ini, bahkan informasi terkait program ini saja saya tidak pernah tau. Padahal Seleksi Program di buka secara umum oleh DISPORA KEPRI bekerja sama dengan organisasi Ikatan Alumni Program sebelumnya yang di namakan PURNA CARAKA MUDA INDONESIA (PCMI). Rangkaian penjaringan dan seleksi yang ketat menghasilkan lulusan terbaik. Kemudian kami kandidat-kandidat yang telah terpilih diwajibkan untuk ini kami para kandidat diwajibkan untuk ikut dalam pelatihan persiapan program yang diberi nama PRE DEPARTURE TRAINING (PDT), untuk mempersiapkan kami menjadi delegasi terbaik dalam mengemban tugas mewakili Provinsi Kepulauan Riau (Kepri).

==============================  Read More ===============================

Ramadani - SIYLEP! SIYLEP! SIYLEP! Oi... Oi... Oi...!!


Hari itu, 15 April 2017. Saya dengan perasaan yang tak tertuliskan mendatangi tempat seleksi pertukaran pemuda antar negara (PPAN) yang diadakan oleh Purna Cara Muda (PCMI) Provinsi Kepri yang bekerja sama dengan DISPORA Provinsi Kepri.  Tempat itu dipenuhi oleh para pemuda yang memiliki mimpi besar untuk memberikan yang terbaik dari mereka kepada Indonesia. Seleksi ketat berlangsung, para pemuda menunjukkan yang terbaik dari mereka dihadapan para dewan juri. Mencoba segala daya dan upaya menunjukkan apa yang bisa mereka lakukan dan menjadi pembeda dengan para pemuda lainnya. Begitu juga dengan saya, berusaha memberikan yang terbaik dari saya dihadapan dewan juri. Alhasil, saya terpilih menjadi perwakilan Provinsi Kepulauan Riau pada program Pertukaran Pemuda Antar Negara di tahun 2017.

==============================  Read More ===============================

Tengku Putri Tiara - Tak Pernah Sebangga ini Menjadi Orang Indonesia (Japan Edition) - Part 1


Hari itu, dengan A1 lengkap kami semua diberangkatkan menuju Haneda. Tak pernah sebangga ini menyemat garuda di peci kepala, serta merah putih di dada. Semua mata tertuju pada kami , setiap langkah, mata ratusan manusia tak berkedip menatap. Tiba-tiba ada getar di dada, tak pernah sebangga ini jadi orang Indonesia. Setibanya di Haneda kami dibawa menuju New Otani Hotel, Tokyo. Sebuah hotel yang menjadi sejarah bagi para PY dari negara Asia Tenggara dan Jepang. Kami mendapatkan orientasi sebelum benar-benar berlayar dengan rumah terapung kami, rumah para PY,  MS. Nippon Maru. Kesan pertamaku menginjakkan kaki di negeri matahari terbit ini adalah, canggih. Semua yang dikatakan dan diceritakan semua orang yang sudah pernah kesana adalah benar adanya. Sulit temukan sampah di setiap sisi jalannya.

==============================  Read More ===============================



Dalam mengikuti program Kirab Pemuda 2017 ini merupakan hadiah terbesar di tahun 2017 bagi saya, karena setelah saya menyelesaikan studi saya di jurusan Manajemen Sumberdaya Perairan, Fakultas Ilmu Kelautan dan Perikanan Universitas Maritim Raja Ali Haji saya langsung mendapat amanah untuk mewakili provinsi Kepulauan Riau dalam program Kirab Pemuda 2017, yang mana program kirab pemuda ini merupakan program dari Kementrian Pemuda dan Olahraga yang bertujuan untuk meningkatkan semangat kebhinekaan di kalangan pemuda dan pemudi di Indonesia. Sebagaimana kita ketahui, akhir-akhir ini krisis kebhinekaan sedang terjadi di Indonesia terutama dikalangan pemuda seperti perang antar kampung, suku hingga agama. Padahal pada dasarnya keberagaman yang ada di Indonesia sendiri merupakan sebuah anugerah yang patut kita syukuri keberadaannya, bukan menjadi suatu pemecah belah antar satu sama lain, seharusnya kita memahami bahwa pada dasarnya “Bhineka adalah Anugrah, bersatu adalah Amanah”. Program ini melintasi 100 Kab/Kota dan 34 Provinsi yang ada di Indonesia.

==============================  Read More ===============================



Perkenalkan, nama saya Nurul Qamariah Adijaya, Delegasi Provinsi Kepulauan Riau untuk Kapal Pemuda Nusantara Sail Sabang 2017. Pada kesempatan yang luar biasa di pelayaran kali ini begitu banyak pengalaman yang saya dapatkan. Dimulai dari penambahan literasi budaya yang didapatkan langsung dari teman-teman seluruh provinsi yang ada di Indonesia yang ikut serta dalam kegiatan ini. Budaya yang dimaksud di sini dapat dilihat dari budaya kesenian yang dibawakan oleh seluruh delegasi terlihat sangat beragam yang berasal dari masing-masing daerah. Sehingga dapat memperlihatkan betapa kayanya warisan nenek moyang kita di seluruh provinsi yang ada di Indonesia, baik itu dari seni tari, seni musik, hingga keberagamaan pakaian-pakaian adat yang dikenakan oleh seluruh peserta.

==============================  Read More ===============================


Berbicara sebagai seorang travelers. Apa hal yang membuatmu senang dan akan terkenang selama hidupmu? Tentu saja berjalan-jalan mengitari daerah-daerah yang belum pernah kamu singgahi, berpetualang mengarungi lautan dan luasnya langit apalagi kalau itu GRATIS! Ditambah dengan pemberian ilmu dan wawasan untuk memperluas cakrawala kita bahwa dunia bukan hanya itu saja dan tentang itu saja. Perkenalkan, saya Rahman Syahputra. Saya seorang mahasiswa sekaligus pekerja di kampus saya, namun bukan seorang travelers sejati.

==============================  Read More ===============================


                    
                  Menjadi Delegasi Kepulauan Riau untuk Kapal Pemuda Sail Karimata 2016 merupakan hal berkesan yang akan saya kenang selalu. Setelah melalui tahap seleksi dan trainning yang dibekali oleh Provinsi, pada tanggal 4 Oktober 2016 kami bertiga saya dan dua pemuda terbaik Kepri  menuju Jakarta PPON Cibubur. Walaupun saat itu belum resmi memulai pelayaran, di PPON lah pemuda – pemuda  terbaik pilihan Provinsi masing – masing. Dari 34 Provinsi yang ada di Indonesia mengirimkan perwakilan sebanyak 3 orang yang terdiri dari 1 pemudi dan 2 pemuda yang diacak dan digabungkan dalam kelompok-kelompok kecil. Acara dibuka oleh bapak Imam Nahrawi dan juga dari pihak satgas Kopasus yang turun langsung mendampingi dan mendidik kami selama rangkain Sail Karimata 2016. Setelah acara pembukaan selesai seluruh peserta dan panitia pelaksana Sail Karimata 2016 bertolak ke pelabuhan Tanjung Periok Jakarta menuju Pontianak. Selama berjalanan kapal yang kurang lebih memakan waktu 2 hari 1 malam.

==============================  Read More ===============================

Yulanda Saputra - Justru di Laut Kita Jaya!
              Perkenalkan Nama saya Yulanda Saputra, pada kesempatan ini saya akan berbagi cerita dan pengalaman saya selama mengikuti kegiatan Kapal Pemuda Nusantara yang di adakan oleh Kementrian Pemuda dan Olahraga RI dalam rangka mensukseskan kegiatan Sail Selat Karimat 2016. Setelah mengikuti training atau pembekalan sekitar 4 bulan, 4 oktober 2016 kami seluruh peserta Kapal Pemuda Nusantara 2016 dari tiap provinsi akan berkumpul di Jakarta untuk mengikuti kegiatan KPN 2016 hingga 2 minggu kedepan. Kami yang dari provinsi kepulauan riau berangkat dari bandara internasional raja haji fisabilillah tanjung pinang pada pukul 13.00 wib menggunakan Garuda Indonesia. Kami di antar ke bandara oleh para alumni KPN dan PPAN Kepri, tiba di gedung PPPON Cibubur yang merupakan tempat berkumpulnya peserta sekitar pukul 17.00 wib .

==============================  Read More ===============================




               Halo semua! Perkenalkan saya Laura, ingin berbagi pengalaman ketika menjadi bagian dari Garuda 43 dalam Program SSEAYP 2016. Apa itu SSEAYP? Garuda 43? SSEAYP merupakan singkatan dari The Ship for Southeast Asian and Japanese Youth Program yang bertujuan untuk mempererat tali persaudaraan dan kesepahaman antara Jepang dan ASEAN. Program ini berlangsung selama 52 hari dan telah dimulai sejak tahun 1974. Sedangkan Garuda 43 merupakan kontingen Indonesia pada SSEAYP 2016 yang terdiri dari 28 peserta dan 1 National Leader. Program ini dijamin seru!
Bagaimana caranya untuk mengikuti program ini?
==============================  Read More ===============================




           Nǐ Hǎo (halo!!) Perkenalkan Saya Piety Santa Sari Siahaan, akrab dipanggil Piety, menjadi delegasi Kepulauan Riau dalam Indonesia-China Youth Exchange Program (IChYEP) 2016 merupakan salah satu pengalaman yang luar biasa bagi saya. Kalau ditanya bagaimana kesan saya mengenai program, saya akan mengatakan, “it was one of my wonderful and unforgettable experience, once in my lifetime. My life changing moment!” Mengapa saya katakan begitu? Nanti akan saya akan jelaskan di akhir cerita. Namun sebelumnya saya akan ceritakan secara singkat rangkaian perjalanan saya selama di negeri tirai bambu tersebut.
==============================  Read More =================================




        Mengenakan Attire, Garuda di Kepala dan Merah-putih di dada merupakan suatu kebanggaan serta kehormatan tersendiri dalam diri, mengingat perjalanan yang harus dilalui sebelum mendapatkannya tidaklah mudah. Tak seorang pun yang tak ingin merajai dunia mimpi sejuta pemuda-pemudi Indonesia. Tapi, ke India??? Mungkin sebagian dari kalian yang membaca ini pun tak meletakkannya di dalam bucketlist kalian. Saya pun dulunya tak pernah berfikir akan pergi ke India. Terlalu banyak stereotip mengenai India di kepala saya. Hey! tapi siapa sangka. Justru saat saya menginjakkan kaki untuk pertama kalinya, India berhasil menampar saya dengan keelokan dan berbagai pembelajaran hidup berharga yang ada di negara sejuta kari tersebut.

==============================  Read More =================================


 Alex


Saya Alex, dulunya saya tidak pernah mengikuti kegiatan luar sekolah/kampus. Yang hanya saya tahu adalah: kerjain tugas, ngampus, cari duit untuk bayar biaya kuliah. I'm not interested to join any activity. Mending saya habiskan waktu dengan main game, makan nonton, ataupun liburan. Bisa kerja di bank umum sudah merasa tercukupi dengan semua ini. 
Di bulan April 2015, kebetulan saya membaca poster seleksi PPAN dan KPN di website kampus saya. I thought it was an internship or exchange, dengan polosnya saya mendaftarkan diri untuk ikut seleksi.

Olivia Febri Marvita

Olivia Febri Marvita : Kamu Tidak Akan Tahu, Hingga Kamu Mencobanya


Saat membaca judul di atas pasti kalian akan bertanya-tanya, “tau apa sih?” nah ini dia yang akan saya ceritakan. Tidak banyaksih, tapi semoga menginspirasi dan menggugah semangat kita ya, pemuda. Oiya, sebelumnya saya perkenalan dulu ya. Itu photo yang di atas adalah perwakilan Kepulauan Riau di KPN sail Tomini 2015. 




Prima Sue 

Catatan perjalanan dari Indonesia menuju India. Hyderabad, New Delhi, Agra. 




Read More>>





Jannatul Firdaus Haska

Jannatul Firdaus Haska : Belajar Mindset Orang Australia

 Menjadi bagian dari peserta AIYEP 2015/2016 merupakan suatu momentum luar biasa dalam hidup saya. Mempelajari budaya dan pola hidup orang Australia selama kurang lebih 2 bulan membuka cakrawala dan sangat mempengaruhi cara berpikir saya. Selama 1 bulan saya tinggal di...

Read More>>




Erna Permata Sari

Erna Permata Sari : A Tremendous Experience in South Korea

Annyeonghaseo Yeorobun (Hi Everyone!!) Menjadi Delegasi Pertukaran Pemuda antar Negara merupakan kebanggan tersendiri bagi saya pribadi. Mewakili salah satu provinsi di Indonesia yaitu Kepulauan Riau, dimana tahun 2015 hanya 19 provinsi mendapatkan privilege untuk mewakili... 

Read More>>




David
David : A Piece of My Life Adventure


Di suatu pagi buta, dimana jalanan masih terasa sepi, udara belum sesak seperti siang hari, dan tidak banyak suara klakson, matahari belum menampakkan dirinya, berbarislah 100 pemuda di bandara Soekarno-Hatta.Awal pengalaman luar biasakumenuju negeri tirai bambu bersama 99 pemuda luar biasa. 
Read More>>


Budi Triyo Suseno
KPN - 3 Meter Di Atas Laut Indonesia
Halooo…. We are Tominers!!!
Berbagi pengalaman mungkin bukan kata terbaik untuk memulai apa yang sekarang sedang teman-teman baca. Tapi, kami akan mencoba untuk berbagi cerita tentang apa saja yang kami alami selama berada dalam program Kapal Pemuda Nusantara 2015.

Read More >>


Rizal F.M

Serumpun Walau Tak Same - Sebuah Kisah Perjalanan Pemude Pilihan Ke Negeri Jiran

Bulan Agustus 2014 yang lalu merupakan  bulan yang sangat luar biasa bagi saya, dikarenakan siapa sangka seorang pemuda yang urakan seperti saya bisa terpilih dan saya diberikan kepercayaan serta amanah yang begitu besar untuk menjadi delegasi dari Provinsi Kepulauan Riau dalam program Indonesia-Malaysia Youth Exchange Program (IMYEP) atau nama lainnya Pertukaran Pemuda Indonesia-Malaysia (PPIM) yang prakarsai oleh Kementerian Pemuda dan Olahraga RI. Read More >>




Ferri Lee

Ferri Lee : Ginseng Tumbuh Subur di Kaki Gunung Ciremai : Perjalanan Dua Budaya, dari HALLYU hingga SAMPURASUN part 1




Lokomotif bewarna biru melaju dengan teratur melintasi ruang-ruang di Bandara Soekarno-Hatta, siang hari 30 November 2014. Barisan lokomotif itu adalah 17 pasang pemuda dari seluruh pelosok Nusantara (34 peserta dari 31 Provinsi Indonesia). Kami adalah delegasi untuk program Pertukaran Pemuda Indonesia – Korea Selatan Tahun 2014 dan hari itu kami akan terbang ke negeri ginseng sebagai sebuah keluarga. Read More >>




 Etna Khairullah 

Etna Khairullah : 93 Million Miles

27 August,2013 Life starts here ... 5.00 am Subuh yang dingin, keberangkatan lewat airport tanjungpinang dilepas oleh ibu couple saya, Badrul Iskandar setelah semalam kami menginap dirumahnya. Maka, perjalanan 'men
emukan rumah'pun dimulai. Kami tiba di Jakarta sekitar pukul 10.00 am dengan diantar bang Zainal Bahri alumni KPN 2010 sampai di Pelabuhan Tanjongpriok JCIT Port 03. Read More >>



Jeanissa Estherina

Jeanissa Estherina : Once Upon a Time in China, WOW!

Kata pepatah, "Tuntutlah Ilmu Sampai Ke Negeri China".Yep! Itulah yang saya lakukan di tahun 2013.Saya bener-bener menuntut ilmu hingga ke negeri China! Sesuatu bangettt.
Da Jia Hao! (means Good Day, everyone!) 
Sebuah Kehormatan mendapat kesempatan emas mewakili Kepulauan Riau.Bagaimana tidak? Menjadi salah satu peserta terpilih dalam program 100 Youth Visit The People's Republic of China yang melibatkan pemuda pemuda terpilih se-Indonesia. Apalagi, saya mendapat kepercayaan untuk menjadi Travel Arranger di group 2. (wow to myself ^^). Read More >>


Faldo Septyawan

Faldo Septyawan : Konichiwa, Xin chao, Sawadee krub, Ni hao, Mabuhay!

Ini adalah kali pertama saya mengikuti Program Pertukaran Pemuda dan Alhamdulillah saya di percayai untuk mengikuti program SSEAYP, masih engga nyangka sekarang sudah keliling asean-jepang. Melalui program The Ship for SouthEast Asean Youth Program saya bisa menjelajahi jepang, Vietnam, Thailand, Singapore, dan Philippines.


 Read More >>



Lisa Febrianti

Lisa Febrianti : Ada Cinta di Museum

Hari ini, 10 November 2013, merupakan hari terakhir delegasi Pertukaran Pemuda Indonesia - Korea (PPIKor) melakukan tugas negara di Korea Selatan. Ada yang menarik saat kunjungan terakhir ini, dimana kami sebagai delegasi pemuda Indonesia berkunjung ke sebuah museum bernama Museum Dukbojin. Saat masuk ke dalam museum ini, saya langsung disambut ramah oleh seorang kaek berkebangsaan Korea bernama Kim Dongseong, Beliau merupakan pemilik dari museum ini. 

Read More >>
 


Dafi Pralibdo

Dafi Pralibdo : Negeri Tirai Bambu, Sejuta Cerita-Ku

Indonesia - China 2013... ya itulah program yang saya ikuti di tahun 2013 dengan sedikit "lucky" karena saya gak tau bakal lolos ke program yang terhitung baru, sejak dibuk tahun 2011. Ditanya ke alumni PCMI yang lain, mereka hanya bilang temanya "entrepreneur", karena saking gak taunya itu program kayak apa. Well, akhirnya dijalani aja...toh ini cuma 2 minggu kok program..kalo kata alumni - alumni yang lain seh pesannya cuma satu, dan itu selalu disebut ke anak-anak program yang lain...ENJOY YOUR PROGRAM!

Read More >>



Kartika Dewi

Kartika Dewi : Konnichiwa JAPAN – SSEAYP [Part -1]

 Such a long time since I visit this blog and reading the stories about the alumni of the program, couldn't believe myself now that I have chance to share my story as I was selected for SSEAYP program back in 2012. Yes it is amazing and unbelievably beautiful memories. Here I would like a glimpse about my Japan journey and you can find the rest about my experience in my personal blog :P  

Read more >>





Akhyar Yulinur

Akhyar Yulinur : Catatan Manusia Laut Mengarungi Indonesia Timur

Tak perna terpikir olehku akan mewujudkan mimpiku untuk keliling Indonesia begitu cepatnya terwujud. Yap.. perjalanan waktu itu menjadi wadah untuk mewujudkan mimpiku menyaksikan dan membuktikan betapa kaya dan luasnya negara tercinta.. INDONESIA.

Terimakasih sebesar besarnya kepada Tuhan Yang Maha Esa yang telah menciptakan alam begitu indahnya, dan kesempatan yang telah diberikan pada kami para pemuda Indonesia untuk menikmatinya melalui salah satu program yang diadakan oleh KEMENPORA. Read More >>


Wan Oktavina Ekawati

I am the CANADA WORLD YOUTH VOLUNTEER !

when i was in the program, if people ask me . Wan, where are you right now ?
i always said "i'm at home". i'm not lying though everytime i got my laptop on there was always at home, because i have no time for online everytime if i was went out for work or group meeting or community project. well not my actual home though . but there was the other place where i can call home as well . i love my Canadian family.
Read more >>

 

 

 

Wahyu Ilham

Berpetualan Ke Negara2 ASEAN dan Jepang

 

Teman, orang-orang, tetangga, saudara : ikut program apa sih mas?
me : (aku, gw, saya) ikut SSEAYP (om,tante,mas,mbak,coy,bro, op! lebay) 
ttots : ooo program apa tuh?
me : itu loh pertukaran pemuda antar negara, bla...bla...blaa.... (udah panjang dan lengkap)
ttots : ooo ke Jepang ya? enak bangett...
me : iyaaa.... (biar cepet, padahal gak Jepang doang) . Read more >>


Lenny Lim

“Mengenal AIYEP”


Program AIYEP dimulai ketika saya dan 17 pemuda pemudi bertemu di Jakarta untuk melakukan Pre Departure Training (PDT) selama 1 minggu. Kami diberikan materi materi terkait program yang bakal dijalani. Tidak lupa kami berlatih untuk persiapan pertunjukan seni yang nanti akan dibawakan. Read more >>

 

 

“Tips Dapet Beasiswa AIYEP (Australia)”


Program AIYEP dimulai ketika saya dan 17 pemuda pemudi bertemu di Jakarta untuk melakukan Pre Departure Training (PDT) selama 1 minggu. Kami diberikan materi materi terkait program yang bakal dijalani. Tidak lupa kami berlatih untuk persiapan pertunjukan seni yang nanti akan dibawakan. Read more >>

No comments:

Post a Comment