Edukasi Alam Di Pulau Lengkang, Kota Batam, Kepulauan Riau


POST PROJECT ACTIVITY "EDUCATION ECO ENVIRONTMENT"

        

Education Eco Environment, adalah sebuah kegiatan pengabdian atau Post Program Activity (PPA) persembahan delegasi Provinsi Kepulauan Riau yang telah kembali menyelesaikan program dalam Pertukaran Pemuda Antar Negara, Kirab Pemuda, Dan Kapal Pemuda Nusantara 2018. Di PPA 2018 ini, kami angkatan 2018 yang tergabung dalam Purna Caraka Muda Indonesia (PCMI) membuat dan memilih sebuah konsep Edukasi alam dan literasi. Education Eco Environment kami adakan selama 2 hari, sebelum melaksanakan dan menentukan konsep ini kami melakukan survey atau mencari sebuah lokasi yang dapat kami gunakan untuk kegiatan ini, setelah mendapat saran lokasi yang dapat kami gunakan terpilihlah pulau Lengkang, sebuah pulau yang berada di dekat Kota Batam. Education Eco Environment dilaksanakan selama 2 hari yaitu 28-29 Januari 2019. sebelum melaksanakan program Donasi telah kami buka sebelum hari program dilaksanakan, selain itu kami menjual keripik untuk menambah biaya yang kami perlukan disana, selama donasi dibuka dan penjualan keripik banyak sekali bantuan yang kami dapat baik dari segi materi maupun berupa buku-buku bacaan yang langsung kami berikan kepada masyarakat yang ada di Pulau Lengkang. 

1 Hari sebelum PPA dilaksanakan, para peserta dan beberapa volunteers yang berasal dari pulau batam dan pulau bintan berkumpul di pulau batam untuk mempersiapkan segala macam dan menyusun donasi yang telah diterima, setelah selesai kami langsung memulai briefing untuk membagi tugas dan penjelasan hal-hal apa saja yang akan kita laksanakan disana.





     Hari H, para peserta dan volunteers berkumpul di Pelabuhan Sekupang, Kota Batam. disini kami berkumpul untuk menunggu kapal yang akan kami gunakan menyebrang ke pulau lengkang. jam menunjukan pukul 10:00 WIB akhirnya kapal yang kami tumpangi sampai di pelabuhan dan pada saat itu juga kami langsung berangkat. sesampainya disana kami disambut dengan Bapak Guru sekaligus PIC  yang akan menenami kami disana  selain itu anak-anak SD yang sekolah disana juga ikut menyambut kedatangan kami. Bang Igo ( kami memanggilnya abang karena memang beliau masih muda) mengarahkan kami kerumahnya untuk menaruh barang-barang yang kami bawa untuk bermalam disana setelah selesai bertemu dengan para guru dan menceritakan maksud kedatangan kami. sebelumnya bg igo juga menceritakan bahwasannya listrik disini tidak menyala setiap saat karena listrik hanya tersedia untuk waktu-waktu tertentu saja. 




Selanjutnya kami langsung melanjutkan beberapa pekerjaan yang belum selesai dikerjakan seperti membuat Tong sampah untuk pupuk cair dan memilah buku-buku yang memang layak untuk anak SD disana, setelah zuhur kami ditemani Ferry Safrizal dan Bg Igo menemani ketua RW tersebut untuk sekaligus berama tamah dan memperkenalkan diri dan maksud tujuan kedatang kami. di sana kami bercerita tentang berbagai macam pengalaman yang sudah kami dapatkan selama program.



Malam harinya kami diajak bg Igo salah satu PIC yang berasal dari pulau tersebut untuk mengadakan kegiatan bakar-bakar jagung dan sosis. selain itu anak-anak SD diundang untuk sekaligus memberikan informasi kepada mereka bahwasannya kami akan mengadakan sebuah kegiatan esok hari, kegiatan malam hari kami laksanakan hingga pukul 09:00 saja karena anak-anak tersebut harus kembali tidur untuk sekolah esok hari. kamipun masih stand by dipanggung tersebut sambal becerita tentang kondisi pulau tersebut dan berlatih menari, oh ia bg igo ini merupakan salah satu penari paling handal loh dipulau tersebut, ia kerap kali memperkenalkan beberapa tarian kepada masyarakat yang ada di sekitar dan pernah memenangkan sebuah perlombaan tari juga. jam menunjukan pukul 12:00 listrik pun padam kami kembali pulang ke rumah bg igo untuk beristirahat dan melaksanakan kegiatan esok hari.



Terima Kasih Masyarakat Pulau Lengkang!

#PCMIKEPRI
#KEMENPORA
#KIRAB
#PPAN
#KPN


PCMI Kepri

No comments:

Post a Comment