RADIO ROADSHOW 2018 - BATAM & TANJUNG PINANG

TANJUNG PINANG

Terima Kasih kepada Radio RRI Pro 2 Tanjung Pinang yang memberikan kami kesempatan untuk berbagi cerita mengenai pengalaman kami selama program.

Tengku Putri Tiara tengah menceritakan pengalamannya bersama SSEAYP 44 yang luar biasa mengelilingi beberapa negara di ASEAN dan juga Jepang dengan Kapal Nippon Maru.
Terima Kasih kepada Radio RRI Pro 1 Tanjung Pinang

BATAM
Kali ini para alumni di Batam berkesempatan untuk mengunjungi Radio 101.6 ZOO FM dan bertemu dengan Mbak Elli sebagai penyiar kami pada hari itu.

Terima kasih kepada ZOO FM yang memberikan kami kesempatan untuk menceritakan pengalaman kami di program Kapal Pemuda Nusantara dan Australia-Indonesia Youth Exchange Program 2017.

Kesempatan kali ini diberikan oleh Radio Batam FM yang sudah memberikan waktunya untuk mengisi acara ngobrol sore bersama para alumni PCMI Kepri dan berbagi cerita mengenai pengalaman program masing-masing.

Nurul, sebagai salah satu alumni Kapal Pemuda Nusantara 2017 sedang menceritakan pengelamannya menjelajahi pulau paling ujung di Indonesia yaitu Sabang.
Dan akhirnya Radio Roadshow ditutup dengan Radio RRI Pro 2 Batam, terima kasih banyak atas kesempatannya. Selain berbagi cerita tentang program tentunya kami juga berbagi informasi mengenai seleksi untuk PPAN dan KPN 2018 beserta tips dan tricknya.



Nah, bagi kalian yang ketinggalan tentang pembahasan kami di berbagai radio di kota kamu masing-masing tentunya akan kami bagikan beberapa rangkuman dari apa yang kami bicarakan dan sharing selama Radio Roadshow 2018 ini.

1. Apa itu PCMI?

Purna Caraka Muda Indonesia (PCMI) merupakan sebuah organisasi kepemudaan yang didirikan pada tahun 1977 oleh para alumni program Pertukaran Pemuda Antar Negara (PPAN) yang dilaksanakan oleh pemerintah Republik Indonesia.

2. Program apa saja yang ada dibawah PCMI?

Pertukaran Pemuda Antar Negara (PPAN), Kapal Pemuda Nusantara (KPN) dan juga Kirab Pemuda merupakan salah satu program Pemerintah dalam mengembangkan generasi muda Indonesia untuk memperluas pengetahuan dan wawasan, sekaligus mempersiapkannya menghadapi tantangan global di masa mendatang. Program ini dilaksanakan pemerintah melalui Kementrian Negara Pemuda dan Olahraga dengan mengirimkan duta muda terbaik Indonesia di berbagai program pertukaran.

3. Program yang tersedia antara lain?

1. Indonesia - Canada Youth Exchange Program (ICYEP)
2. Australia - Indonesia Youth Exchange Program (AIYEP)
3. The Ship for South East Asia Youth Exchange Program (SSEAYP)
4. Indonesia - Malaysia Youth Exchange Program (IMYEP)
5. Indonesia - China Youth Exchange Program (IChYEP)
6. Indonesia - South Korea Youth Exchange Program (IKYEP)
7. ASEAN Indonesia student exchange program (AISEP)
8. Singapore Indonesia Youth leadership exchange program (SIYLEP)
9. KPN (kapal pemuda Nusantara)
10.Terdapat juga sebuah program dibawah naungan Kemenpora yaitu Kirab Pemuda.

4. Kenapa pemuda harus mengikuti program-program yang dilangsungkan oleh Kemenpora dan bekerjasama dengan PCMI Provinsi?

Karena program-program seperti ini dapat mengisi waktu generasi muda Indonesia dengan hal- hal positif,  mengembangkan potensi generasi muda Indonesia untuk memperluas pengetahuan dan wawasan, sekaligus mempersiapkannya menghadapi tantangan global di masa mendatang.

5. Apa saja benefit dari program-program yang diikuti?

Program-program kepemudaan seperti ini membuka wawasan serta relasi baik dengan teman-teman yang berasal dari negara ya g sama maupun dengan teman-teman dari negara lain. Bertukar ide dan pikiran serta menyuarakan berbagai solusi dari permasalahan yang dihadapi berbagai negara ditinjau dari kaca mata pemuda sebagai tulang punggung bangsa tentunya.

6. Bagaimana cara bergabung dengan PCMI?

Cara bergabung menjadi bagian dari pcmi adalah mengikuti seleksi PPAN dan KPN. Apabila lulus dan selesai mengikuti program maka secara otomatis akan langsung bergabung dengan PCMI.

7. Bagaimana proses seleksi?

- Seleksi dimulai dengan mengumpulkan berkas sebagai syarat kelengkapan administrasi.
- Tes tertulis (wawasan daerah, wawasan Nusantara, wawasan internasional)
- Tes bahasa Inggris
- Tes psikologi
- Tes minat bakat
- Wawancara

8. Syarat-syarat umum seleksi?

Memiliki KTP Kepri, berumur 18-30 tahun dan belum menikah.

9. Tips Lulus Seleksi?


Tips lulus seleksi adalah memberikan versi terbaik dari diri kita. Tidak berlebihan dan jadilah diri sendiri. Memperbanyak membaca dan update mengenai saat ini, melatih kemampuan bahasa Inggris serta mempelajari berbagai kesenian daerah. Kita tidak mencari yang terbaik tetapi mampu memberikan yang terbaik. Maka, usaha dan kesungguhan kita yang akan terlihat pada akhirnya.

Untuk info lebih lanjut mengenai Briefing dan Seleksi, terus pantengin blog ini dan instagram kami di @pcmikepri

Contact Person:

Nurul  0852 9208 8005

Rio  0812 6001 210
Rina 0811 7777 211
Nugraha 0822 8386 7430


Instagram: @pcmikepri                    Twitter:@pcmikepri                       Facebook: PCMI Kep. Riau

PCMI Kepri

No comments:

Post a Comment