Nurul Qamariah Adijaya - Merajut Kebersamaan dalam Kebhinekaan



Perkenalkan, nama saya Nurul Qamariah Adijaya, Delegasi Provinsi Kepulauan Riau untuk Kapal Pemuda Nusantara Sail Sabang 2017. Pada kesempatan yang luar biasa di pelayaran kali ini begitu banyak pengalaman yang saya dapatkan.


Dimulai dari penambahan literasi budaya yang didapatkan langsung dari teman-teman seluruh provinsi yang ada di Indonesia yang ikut serta dalam kegiatan ini. Budaya yang dimaksud di sini dapat dilihat dari budaya kesenian yang dibawakan oleh seluruh delegasi terlihat sangat beragam yang berasal dari masing-masing daerah. Sehingga dapat memperlihatkan betapa kayanya warisan nenek moyang kita di seluruh provinsi yang ada di Indonesia, baik itu dari seni tari, seni musik, hingga keberagamaan pakaian-pakaian adat yang dikenakan oleh seluruh peserta. Ketika biasanya saya mengetahui ragam tarian di Indonesia hanya melalui media televisi, tetapi pada pelayaran ini saya bisa berlatih langsung dengan teman-teman delegasi tiap provinsi. Biasanya hanya dapat melihat pakaian adat yang dikenakan oleh pengantin-pengantin pada undangan pernikahan yang saya hadiri, tapi pada pelayaran kali ini saya berkesempatan mengenakan baju adat Kepulauan Riau itu langsung.


Kesempatan untuk memahami bahasa, perilaku dan kepribadian setiap delegasi dari masing-masing provinsi menjadi bagian penting yang saya dapatkan di program Kapal Pemuda Nusantara (KPN) ini. Ketika sedang berdiskusi non-formal di setiap kesempatan rangkaian kegiatan, seluruh delegasi membawakan logat dan bahasanya masing-masing dalam berkomunikasi. Sehingga selama sebulan saya merasa seperti tinggal di seluruh bagian di Indonesia. Belum lagi ketika kita melihat pembawaan perilaku dan kepribadian masing-masing delegasi yang berbeda, hal ini dapat membawa saya untuk belajar memahami dan tidak egois pada diri sendiri.


Tidak hanya itu, seluruh peserta memiliki kesempatan untuk dapat menjadi bagian dalam rangkaian kegiatan di tingkat Internasional yang terangkum dalam Sail Sabang. Kegiatan ini merupakan rangkaian agenda promosi wisata yang dilakukan untuk memperkenalkan potensi wisata yang ada di Indonesia, dan pada tahun ini dilaksanakan di Pulau Weh atau Kota Sabang, Provinsi Nanggroe Aceh Darussalam. Atas kesempatan ini, kami seluruh peserta KPN Sail Sabang melakukan Kirab Budaya dan melakukan penyambutan kepada Wakil Presiden dan pihak-pihak Kementrian yang hadir di acara puncak Sail Sabang.


Memperlihatkan jiwa kebhinekaan dari seluruh pemuda-pemudi yang ada diseluruh Indonesia dalam KPN Sail Sabang dalam beragam kegiatan dan kreatifitas, merupakan poin terpenting dalam mencapai tujuan pelaksanaan kegiatan ini. Hal yang memang yang saya rasakan setelah mengikuti kegiatan ini adalah, kita semakin memiliki kesadaran bahwa Indonesia kaya akan budaya warisan nenek moyang, dan pada kesempatan kali ini seluruh peserta Sail Sabang 2017 menjadi bukti bahwa pemuda-pemudi Indonesia masih akan terus siap untuk mempertahankan budaya yang ada di Indonesia meskipun diikuti oleh perkembangan teknologi yang semakin maju melesat,  hal lain yang juga siap dilakukan oleh kami sebagai peserta adalah terjalinnya silaturahmi dan kerukunan pemuda-pemudi di seluruh Indonesia dalam menciptakan kebersamaan di dalam negeri ini.


Jalesveva Jayamahe. Justru di lautlah kita jaya!


Salam pemuda bahari!

PCMI Kepri

No comments:

Post a Comment