Olivia Febri Marvita - Kamu Tidak Akan Tahu, Hingga Kamu Mencobanya

Saat membaca judul di atas pasti kalian akan bertanya-tanya, “tau apa sih?” nah ini dia yang akan saya ceritakan. Tidak banyaksih, tapi semoga menginspirasi dan menggugah semangat kita ya, pemuda. Oiya, sebelumnya saya perkenalan dulu ya. Itu photo yang di atas adalah perwakilan Kepulauan Riau di KPN sail Tomini 2015. Tengku Rezif Ditras, Rahma Wati, saya sendiri Olivia Febri Marvita, Budi Triyo Suseno, dan Alex.
Nah teman-teman pemuda Kepri, sudah seberapa jauh anda mengenal negara anda, Indonesia? Kejauhan ya, saya ganti pertanyaannya, sudah seberapa jauh anda mengenal daerah anda sendiri, Kepulauan Riau? Sudah berapa banyak tempat yang anda kunjungi di Kepri ini? Bintan, Natuna, Anambas ? Pernah terpikir untuk mengunjungi tempat-tempat itu? Nah, kalau di luar Kepulauan Riau seperti Bali, Raja Ampat, Bangka Belitung, Kalimantan Barat?
Baiklah, mungkin kebanyakan dari teman-teman akan menjawab tidak pernah ya. Nah kalau ditanya pengen atau nggak ketempa-tempat yang saya sebutin barusan, apalagi denganbiaya yang gratis, saya rasa tidak ada yang tidak mau kan ya. Nah kalau pengen, salah satu caranya dengan mengikuti program ini nih. Kapal Pemuda Nusantara (KPN) salah satu program dari Kemenpora Republik Indonesia.
Kapal Pemuda Nusantara udah pada tau kan ya ? Sudah pada baca cerita alumni KPN Kepri sebelumnya kan, dan sudah pada nyari di google kan? (Kebanyakan nanya ya, sorry sorry)saya nggak cerita lagi ya bagaimana KPN itu sebenarnya, saya hanya akan membahas hal-hal yang membekas di kenangan saya. Jadi ya begitu, disini kita akan di ajak berpetualang di lautan Indonesia menggunakan Kapal milik TNI AL yaitu Kapal Republik Indonesia (KRI) yang pada tahun saya tujuannya ke sulawesi tengah, tepatnya di Teluk Tomini yaitu untuk meriahkan acara SAIL TOMINI. 4 huruf untuk menggambarkan perjalanan dengan KRI, S E R U.
Belum apa-apa saya udah ngasih yang enak nya aja ya. Ya tapi memang semuanya enak. Nggak ada yang negatif di program ini, semuanya senang-senang dan menyenangkan. Coba diskusi dengan saya, akan saya ceritakan semuanya tentang kesenangannya. Terlalu banyak, dan akan membosankan kalau hanya saya bahas disini. Ini saya tampilkan sedikit foto-foto saat program. Photos show everything.

Di Kapal banyak banget pengetahuan baru yang akan di dapat. Nah pas tahun saya salah satunya tentang BATIK.

Nanti akan ada singah ke daerah-daerah di Indonesia. Ini saat kami di Siau, salah satu pulau kecil di Sumatera Utara

Sebelum singgah ke daerah tertent, kita akan persiapan untuk "peran parade". Apa itu? AYO IKUT, ^^

Ini hanya salah satu pemandangan dari banyak sudut di kapal dan banyak waktu yang akan kamu lalui jika ikut program

Nah, udah lihat enaknya ikut KPN? JTapi hai tetapi pemuda, ingaaaaat! Kamu itu ikut program ini bukan cuma untuk jalan-jalan aja loh, tujuan utama nya tetep membawa nama baik Kepulauan Riau di ranah Indonesia, agar pemuda dari Provinsi lain bisa mengenal seperti apa Kepulaun Riau itu. Kita adalah perwakilan Kepulauan Riau, representatif seperti apa Kepulauan Riau itu. Nah bagian ini yang juga buat saya semakin menyenangi program ini, bayangin aja akan banyak teman-teman pemuda dari provinsi lain yang ingin tau banyak tentang Kepulauan Riau, misalnya seperti budaya, pariwisata, lingkungan, kuliner dan kamu akan dengan bangga nya mengenalkan Kepulauan Riau. Senang kan? Bayangkan jika mereka tertarik dan ingin mengunjungi kita disini, pasti senang sekali rasanya. Kamu bisa jadi duta pariwisata sekalian loh. ^^
Apalagi ya yang mau diceritakan, program KPN ini terlalu banyak hal menyenangkannya. Ya coba aja dibayangin aja sebulan di Kapal (nggak sebulan juga sih, kan ada bebapa hari di darat pas singgah) dengan teman-teman dari seluruh Indonesia, bisa bertukar pikiran, pengalaman, sharing moments together from sunrise till sunsetdan seterusnya berulang kali selama sebulan. Belum lagi merasakan panas laut yang membuat kulitmu eksotis, dinginnya malam hari ditengah laut, melihat berjuta-juta bintang dilangit malam dari tengah laut, merasakan gelombang lautan Indonesia selama hampir sebulan, melihat hamparan biru lautan Indonesia yang berkilau (ini benar-benar berkilau, beda deh pokoknya), semuanya akan kamu rasakan sendiri saat join dengan program ini. Apalagi saat mengunjungi daerah-daerah di Indonesia yang luar biasa yang sebelumnya kamu belum pernah kunjungi, saya yakin rasa cintamu terhadap Indonesia akan meningkat 100% saat balik dari program ini. Kamu akan sangat bersyukur telah terlahir di tanah yang kaya ini. Salah satu pembicara di KPN Prof Basit bahkan sampai berkata, “seharusnya tidak boleh ada warga negara Indonesia yang jatuh miskin di negeri yang begitu kaya ini” Yakinlah J Saya tidak berlebihan loh, ini semua adalah yang pernah saya rasakan dan alumni-alumni sebelumnya juga pasti merasakan. Kalau kamu mau membuktikan cerita saya ini, silahkan buktikan sendiri. Ikuti programnya, rasakan keajaibannya. Kamu tidak akan tau, hingga kamu mencobanya J


PCMI Kepri

2 comments: