[SELAMAT!!] : DAFTAR FINALIS LOLOS MENUJU BABAK FINAL (KOTA BATAM)

Selamat Pagi, Salam Pemuda!


Para Alumni Pertukaran Pemuda Provinsi Kepri. (Dari Kiri ; Faldo Septyawan, Bea Nuri, Jeanissa Estherina, Lisa Febrianti, Sunarto Wang)
PCMI Kepri - Jumat, 4 April 2014 lalu Purna Caraka Muda Indonesia bersama Dispora Provinsi Kepri dan Kanpora Kota Batam telah pun selesai melaksanakan kegiatan seleksi Pertukaran Pemuda Antar Negara (PPAN) dan Kapal Pemuda Nusantara (KPN) untuk wilayah Batam.

Antusiasme peserta cukup tinggi untuk bersaing merebut tempat sebagai Kandidat perwakilan Kepri, berbagai kalangan pemuda berkumpul semenjak pukul 08.00 pagi semalam untuk mengikuti rangkaian acara dimulai dari Pembukaan oleh Kadispora Provinsi, lalu dilanjutkan dengan tes tertulis yang mengenai Pengetahuan umum dan Kepri, isu-isu terkini dan Bahasa Inggris tentunya.

Coffee Break diberikan disela-sela akhir tes tertulis untuk memberikan ruang kepada para calon peserta saling berkenalan dengan sesama teman, berbagi info dan saling memberi dukungan satu sama lain. Perjuagan mereka belum berhenti sampai disitu saja, rangkaian tes terus dipersiapkan bagi para calon peserta untuk dapat melihat sejauh mana kemampuan para calon kandidat nantinya.

Siang harinya, peserta digembleng lagi dengan rangkaian tes wawancara. Format yang diberikan adalah peserta akan memasuki satu ruangan, dimana ada masing-masing pos yang harus peserta datangi. Adapun pos-pos yang dibuka mengikut bidang; Bidang Wawasan, Bidang Bahasa Inggris dan Bidang Psikologi. Masing-masing peserta wajib untuk mengikuti tes wawancara dimasing-masing bidang dan pos.

Pos-pos ini ditujukan agar para juri dapat menilai calon kandidat mereka lebih dalam, dimulai dari cara berkomunikasi dalam berbahasa asing, pengetahuan mereka tentang Provinsi Kepri dan juga dunia tentunya dan penggalian kepribadian oleh juri-juri psikolog yang telah diundang. Dengan demikian, para juri akan memiliki nilai dan pertimbangan yang lebih variatif tentang masing-masing kandidat.

Rangkaian tahapan seleksi terus berlangsung hingga malam hari. Dimulai dari pukul 19.00 wib, para kandidat sudah pun dipersiapkan untuk mengikuti tahapan tes akhir yakni tes seni dan kebudayaan. Di tahapan ini, peserta dituntut untuk dapat mengeluarkan bakat-bakat yang mereka miliki apapun itu, tidak terbatas. Mulai dari melukis, Fotografi , Memasak, Menari, Bernyanyi, Nge-DJ, ahli Programming dan masih banyak lagi bakat-bakat yang mereka tampilkan. Ini membuktikan, bahwasanya Juri tidak melulu menuntut seorang kandidat cemerlang dalam segi akademis saja namun juga dari segi bakat dan seni.

Malam semakin larut dan tahapan tes terakhir selesai sekitar pukul 23.00 wib. Terlihata wajah-wajah cemas, lelah dan harapan di masing-masing calon kandidat. Beberapa dari para calon peserta bahkan mengikuti seleksi lebih dari dua kali. Para Juri memberikan pesan dan semangat untuk tetap berkarya sebagai pemuda dan tidak menutup kemungkinan untuk ikut kembali tahun depan bagi yang tidak berhasil lolos menuju final.

Setelah penutupan, calon kandidat dipersilahkan untuk pulang dan beristirahat sembari menunggu pengumuman lolos via SMS yang akan dikirimkan oleh salah satu tim panitia. Larutnya malam tidak memudarkan semangat para juri untuk mengulik dan menggodok hasil penilaian yang telah dilaksanakan dari pagi hari. Argumentasi dan pendapat saling dilemparkan demi mencari pilihan yang tepat dan nantinya dirasa  mampu untuk membawa provinsi Kepri ke kancah Indonesia maupun dunia Internasional.

Akhirnya dengan diskusi yang cukup ketat dan panjang, para Juri telahpun memutuskan nama-nama yang berhasil untuk mengikuti Seleksi Final yang akan dilaksanakan pada hari ini, 05 April 2014 di Kota Tanjung Pinang. Finalis Kota Batam akan dipertemukan dengan para Finalis kota Tanjung Pinang nantinya.

Sejatinya kegiatan seleksi ini rutin dilaksanakan setiap tahunnya, bisa dipastikan pemuda-pemudi Kepri dapat terus memantau perkembangan info terkini mulai dari Roadshow, Briefing session, Persyaratan Dokumen hingga Jadwal seleksi setiap tahunnya. Pantau terus blognya di http://pcmikepri.blogspot.com/ .(Tika)

Kami ucapkan selamat kepada para peserta yang lolos dan selamat berjuang di Kota Tanjung Pinang.

Berikut nama-nama peserta yang lolos ke tahap FINAL;

1. Fery Lee
2. Jery Nodeka Putra
3. Hendy Wijaya
4. Eka Damanas Nasution
5. Fiqoiry Davian Rahardi
6. Fatwa Arief. W
7. Tian Oktaviani
8. Nilam Alvionita
9. Nadirah
10. Linda

Salam,
PCMI KEPRI

PCMI Kepri

No comments:

Post a Comment