China - Indonesia Youth Exchange Program (CIYEP)

A. Kegiatan selama program ini meliputi :

Courtesy Calls atau kunjungan kehormatan ke Presiden/Wakil Presiden/Perdana Menteri di negara-negara tujuan. Biasanya pada kegiatan ini bentuk-bentuk gift yang berupa plakat/ vandel atau lambang provinsi maupun kerajinan khas dari provinsi Kepulauan Riau sangat dibutuhkan karena barang-barang tersebut akan ditukarkan dengan tempat atau negera yang dikunjungi.

Institutional Visit atau kunjungan ke instansi-instansi.

Homestay in Program in Foster Family, dimana para peserta ditempatkan dirumah orang tua angkat (host-parents), untuk mengenal lebih dekat kehidupan masyarakat dan kebudayaan setempat serta untuk memperkenalkan kebudayaan Indonesia. Biasanya di rumah orang tua asuh, interaksi dengan penduduk sekitar memerlukan barang-barang kerajinan khas Kepulauan Riau

Maupun alat-alat musik tradisional seperti gendang dan kompang hadrah sedangkan alat – alat permainan tradisional Kepulauan Riau seperti : gasing dengan berbagai model dan sampan jong ukuran kecil, serta pakaian daerah sehingga kegiatan promosi mengenai kebudayaan yang ada di Kepulauan Riau dapat berlangsung dengan baik.

B. Peserta Kegiatan

Peserta kegiatan CIYEP 2011 dari Indonesia seluruhnya berjumlah 10 (sepuluh orang), meliputi 5 orang pemuda dan 5 orang pemudi. Peserta kegiatan CIYEP berasal dari 10 provinsi di Indonesia, dimana masing-masing provinsi mengirimkan satu perwakilan pemuda / pemudi untuk mengikuti program ini melalui seleksi di provinsi masing-masing yang diselenggarakan Dispora provinsi.

Untuk perwakilan Propinsi Kepulauan Riau dalam kontingen Republik Indonesia, peserta yang terpilih untuk mengikuti CIYEP 2011 adalah Tansir Alamsyah, Mahasiswa Fakultas Ekonomi Program Studi Manajemen Angkatan 2008 semester VI (Enam), Universitas Batam (Uniba).

PCMI Kepri

1 comment: