Australia-Indonesia Youth Exchange Program (AIYEP)

Program Pertukaran Indonesia Australia (PPIA) merupakan program pertukaran yang dioperasikan di bawah kesepakatan Pemerintah Indonesia dan Australia yang pertama kali dilaksanakan pada tahun 1981. Program ini bertujuan untuk memberikan kesempatan yang lebih luas kepada generasi muda dari kedua negara untuk dapat mengapresiasikan budaya, pembangunan dan cara hidup atas kedua bangsa tersebut.

Program ini didanai dan dikelola oleh Australia-Indonesia Institue (AII) di bawah Departemen Luar Negri dan Perdagangan Australia (Department of Foreign Affairs dan Trade). Di samping itu, program ini juga didukung oleh Cultural Office dari Kedutaan Besar Australia di Jakarta. Pelaksanaan program di Australia dikordinasikan oleh TCN The Communication Network, sebuah organisasi konsultansi yang berfokus khusus pada proyek kerjasama bilateral. Dari pihak Pemerintah Indonesia, program ini dikelola oleh Kementrian Negara Pemuda dan Olahraga.

Lokasi pelaksanaan program akan berganti bergiliran pada berbagai negara bagian dan teritori di Australia serta berbagai provinsi di Indonesia. Peserta dari Indonesia akan ditempatkan di kota-kota yang telah ditentukan (umumnya di kota besar dan kota yang lebih kecil) untuk melakukan serangkaian kegiatan homestay bersama keluarga angkat, kerja magang di berbagai institusi, sekaligus interaksi kebudayaan dan sosial dengan masyarakat setempat. Fase ini disebut juga sebagai fase Australia.

Pada fase pelaksanaan program di Indonesia, peserta dari Australia akan bergabung dan berpasangan dengan perserta dari Indonesia. Kegiatan yang dilaksanakan pada fase Indonesia juga memiliki struktur serupa dengan kegiatan program selama di Australia.

Kegiatan yang akan dilaksanakan selama program tersusun dalam sebuah rencana kerja (work plan) yang telah disepakati oleh kedua belah pihak (Indonesia dan Kanada). Secara umum, kegiatan selama program terdiri atas pekerjaan sosial (social works), pemberdayaan masyarakat setempat, pengembangan potensi diri peserta sebagai generasi muda, serta berbagai bentuk kegiatan lainnya yang memberikan pengalaman langsung (on-hand experience) pada pemahaman antarbudaya (cross-cultural understanding).

Salah satu dari dua komponen kegiatan utama dalam program ini adalah Work Placement. Melalui kegiatan ini peserta akan terlibat dalam kegiatan pembelajaran secara intensif akan aspek profesionalisme di dunia kerja. Dalam kegiatan ini peserta diawasi dan dibimbing oleh pejabat yang telah ditunjuk pada organisasi yang bersangkutan. Umumnya kegiatan ini dilaksanakan pada berbagai organisasi nirlaba yang turut berkontribusi pada pemberdayaan masyarakat setempat.

Kegiatan utama lainnnya adalah Educational Activity Day (EAD) atau kerap kali dikenal dengan sebutanVillage Day. Kegiatan utama ini berlangsung seharian (merupakan sebuah hari tertentu di setiap pekannya) di mana serangkaian aktivitas yang memacu kreativitas dan logika akan diselenggarakan oleh dan untuk peserta program.

PCMI Kepri

1 comment: